PENGERTIAN ALGORITMA
Apa
itu algoritma ??
Menurut
saya pribadi yang dimaksud dengan algoritma adalah solusi dari sebuahpermasalahan
yang perlu dipecahkan, khususnya di bidang computer, dan mempunyai
langkah-langkah yang terstruktur.
Menurut
buku yang saya baca, algoritma adalah urutan aksi-aksi yang dinyatakan dengan
jelas dan tidak rancu untuk memecahkan suatu masalah dalam rentang waktu
tertentu. Setiap aksi harus dapat dikerjakan dan mempunyai efek tertentu.
Algoritma dapat dituliskan dengan banyak cara, mulai dari menggunakan bahasa
alami yang digunakan sehari-hari, simbol grafik bagan alir, sampai menggunakan
bahasa pemograman seperti bahasa C/C++.
Analisis kasus
sangat dibutuhkan dalam algoritma, misalnya proses apa saja yang
dibutuhkan
untuk menyelesaikan pemasalahan. Sebagai contoh algoritma dalam membuat
secangkir susu panas, langkah-langkahnya adalah sbb. :
1.
Menyiapkan
cangkir dan sendok
2.
Menyiapkan
susu bubuk atau susu kental manis
3.
Menyiapkan
gula
4.
Menyiapkan
air panas
5.
Masukan
susu bubuk/kental manis ke dalam cangkir
6.
Masukan
gula ke dalam cangkir
7.
Masukan
air panas ke dalam cangkir
8.
Aduk
susu panas dalam cangkir
9.
Susu
panas siap dinikmati
Sebagai
manusia pasti kita sudah mengerti dengan bahasa yang ditunjukan diatas, begitu
pula dengan computer. Kita harus mendeskripsikan langkah-langkah algoritma
sesuai dengan bahasa yang dimengerti oleh computer.
FLOWCHART (DIAGRAM ALIR)
Flowchart adalah
penyajian yang sistematis tentang proses dan logika dari kegiatan penanganan
informasi atau penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan
prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk
memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam
menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.
System flowchart adalah urutan proses dalam
system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media
penyimpanan dalam proses pengolahan data.
Program flowchart adalah suatu bagan dengan
simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan
hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu
program .
PEDOMAN-PEDOMAN
DALAM MEMBUAT FLOWCHART
Jika seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada
beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :
1. Flowchart digambarkan
dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
2. Aktivitas yang
digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat
dimengerti oleh pembacanya.
3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara
jelas.
4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan
menggunakan deskripsi kata kerja,
misalkan Melakukan penggandaan diri.
5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang
benar.
6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus
ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas
yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama.
Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang
terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan
sistem.
7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
Simbol yang digunakan untuk flowchart
PEMROGRAMAN
Apa
yang disebut program? Menurut buku
yang saya baca, program adalah algoritma ditambah dengan struktur data. Dan
struktur data adalah tempat tatanan penyimpanan data seperti hal nya otak pada
manusia, begitu juga pada computer yang membutuhkan tempat menyimpan data.
Menurut saya,
pemrograman berarti proses memberikan instruksi pada computer untuk
menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah yang sistematis.
Berikut ini
adala langkah-langkah dalam pemrograman :
1.
Mendefinisikan
masalah
2.
Menentukan
solusi
3.
Memilih
urutan langkah2 penyelesaian (Algoritma)
4.
Menulis
program
5.
Menguji
program
6.
Menulis
dokumentasi
Memahami sebuah
konsep dasar pembelajaran merupakan konsep dasar untuk menguasai materi. Konsep
pemrograman bukan hanya masalah menulis source code, tetapi lebih pada
algoritma dan logika pemecahan suatu masalah yang ingin diselesaikan. Artinya
algoritma dan logika pemecahan masalah merupakan langkah utama yang harus
dikerjakan. Setelah itu baru mengonversikan ke dalam bahasa pemrograman.
Apa yang harus kita
lakukan jika kita tidak mengetahui sintaksis2 yang diperlukan dalam penulisan
source code?
Orang bijak mengatakan, “Kita tidak perlu
mengetahui segala hal sebab kita hanya manusia biasa dan hal itu memang sangat
tidak mungkin. Namun yang perlu diketahui adalah tempat dimana kita bias
mendapatkan informasi untuk mengetahui dan memecahkan setiap masalah”. Banyak
buku referensi yang dapat dipakai sebagai acuan pembelajaran.
Jadi
kesimpulannya yang diutamakan dalam merancang program adalah algoritma penyelesaian
masalah.
Sekian dulu ngebahas pemrogramannya dikit dikit lama lama jadi dikit, eh bukit :D
Semoga bermanfaat..
Sekian dulu ngebahas pemrogramannya dikit dikit lama lama jadi dikit, eh bukit :D
Semoga bermanfaat..
0 comments
Post a Comment