Thursday, 2 October 2014

Dasar Pemrograman C/C++

PENGERTIAN ALGORITMA
Apa itu algoritma ??
Menurut saya pribadi yang dimaksud dengan algoritma adalah solusi dari sebuahpermasalahan yang perlu dipecahkan, khususnya di bidang computer, dan mempunyai langkah-langkah yang terstruktur.
Menurut buku yang saya baca, algoritma adalah urutan aksi-aksi yang dinyatakan dengan jelas dan tidak rancu untuk memecahkan suatu masalah dalam rentang waktu tertentu. Setiap aksi harus dapat dikerjakan dan mempunyai efek tertentu. Algoritma dapat dituliskan dengan banyak cara, mulai dari menggunakan bahasa alami yang digunakan sehari-hari, simbol grafik bagan alir, sampai menggunakan bahasa pemograman seperti bahasa C/C++.
Analisis kasus sangat dibutuhkan dalam algoritma, misalnya proses apa saja yang
dibutuhkan untuk menyelesaikan pemasalahan. Sebagai contoh algoritma dalam membuat secangkir susu panas, langkah-langkahnya adalah sbb. :

                                                                 sumber gambar
1.      Menyiapkan cangkir dan sendok
2.      Menyiapkan susu bubuk atau susu kental manis
3.      Menyiapkan gula
4.      Menyiapkan air panas
5.      Masukan susu bubuk/kental manis ke dalam cangkir
6.      Masukan gula ke dalam cangkir
7.      Masukan air panas ke dalam cangkir
8.      Aduk susu panas dalam cangkir
9.      Susu panas siap dinikmati

Sebagai manusia pasti kita sudah mengerti dengan bahasa yang ditunjukan diatas, begitu pula dengan computer. Kita harus mendeskripsikan langkah-langkah algoritma sesuai dengan bahasa yang dimengerti oleh computer.

FLOWCHART (DIAGRAM ALIR)

 Flowchart adalah penyajian yang sistematis tentang proses dan logika dari kegiatan penanganan informasi atau penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.
System flowchart adalah urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data.
Program flowchart adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program .



PEDOMAN-PEDOMAN DALAM MEMBUAT FLOWCHART
Jika seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :
 1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
 2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja,   misalkan Melakukan penggandaan diri.
5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.

Simbol yang digunakan untuk flowchart


 PEMROGRAMAN
Apa yang disebut program? Menurut buku yang saya baca, program adalah algoritma ditambah dengan struktur data. Dan struktur data adalah tempat tatanan penyimpanan data seperti hal nya otak pada manusia, begitu juga pada computer yang membutuhkan tempat menyimpan data.
Menurut saya, pemrograman berarti proses memberikan instruksi pada computer untuk menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah yang sistematis.

Berikut ini adala langkah-langkah dalam pemrograman :
1.      Mendefinisikan masalah
2.      Menentukan solusi
3.      Memilih urutan langkah2 penyelesaian (Algoritma)
4.      Menulis program
5.      Menguji program
6.      Menulis dokumentasi
Memahami sebuah konsep dasar pembelajaran merupakan konsep dasar untuk menguasai materi. Konsep pemrograman bukan hanya masalah menulis source code, tetapi lebih pada algoritma dan logika pemecahan suatu masalah yang ingin diselesaikan. Artinya algoritma dan logika pemecahan masalah merupakan langkah utama yang harus dikerjakan. Setelah itu baru mengonversikan ke dalam bahasa pemrograman.
Apa yang harus kita lakukan jika kita tidak mengetahui sintaksis2 yang diperlukan dalam penulisan source code?
Orang  bijak mengatakan, “Kita tidak perlu mengetahui segala hal sebab kita hanya manusia biasa dan hal itu memang sangat tidak mungkin. Namun yang perlu diketahui adalah tempat dimana kita bias mendapatkan informasi untuk mengetahui dan memecahkan setiap masalah”. Banyak buku referensi yang dapat dipakai sebagai acuan pembelajaran.

Jadi kesimpulannya yang diutamakan dalam merancang program adalah algoritma penyelesaian masalah.  
Sekian dulu ngebahas pemrogramannya dikit dikit lama lama jadi dikit, eh bukit :D
Semoga bermanfaat..

0 comments

Post a Comment